Tobasa, hetanews.com - Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Balige, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) raih juara harapan II pada kegiatan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) yang digelar Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) Hamid Muhammad, di Malang, Jawa Timur pada 23-30 Mei 2016.

Dalam kegiatan ini sejumlah 1.153 siswa/i seluruh Indonesia mengikuti ajang bergengsi LKS SMK tingkat nasional. SMKN 1 Balige berhasil membawa piala, piagam dan sertifikat tingkat nasional dari ajang bergengsi LKS itu pulang ke bumi Tobasa.

Peserta berasal dari seluruh provinsi Indonesia. Peserta yang lolos ke tingkat provinsi adalah juara I pada tingkat kabupaten. Selanjutnya yang berhak lolos ketingkat nasional adalah peserta juara I tingkat provinsi. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang sudah diselenggarakan selama 24 kali.

Kepala Sekolah (Kepsek) SMKN 1 Balige, Tigor Siahaan mengatakan, prestasi yang diraih ini berkat kerja keras seluruh elemen di sekolah itu. Dirinya mengapresiasi prestasi yang diraih anak didiknya.

“Prestasi itu takkan mampu diraih, jika tim sekolah tidak solid. Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh guru, staf pegawai, serta admin sekolah ini, teristimewa untuk guru pembimbing kegiatan LKS yakni Halomoan Siagian, Afdon Simarmata, Lisbet Siagian dan Andreas Habeahan,” sebut Tigor pada hetanews, Kamis (16/6/2016).

Tak ketinggalan Tigor juga mengucapkan terima kasih untuk siswanya peserta lomba LKS ini yakni Tua E Sidabutar, Josua Siagian, Febrianto Butar Butar dan Supriadi Gultom yang sudah berjuang menjadi duta sekolah.

Diketahui SMKN 1 Balige menyapu bersih juara I pada 4 bidang yang dilombakan untuk tingkat kabupaten. Namun tingkat provinsi, bidang teknik kendaraan ringan hanya bisa meraih juara II dan bidang electronica aplication juara I dan lolos ke tingkat nasional.

Para guru - guru SMKN 1 Balige juga mengapresiasi prinsip kepemimpinan Kepsek Tigor Siahaan yang dikenal familiar, tegas dan disiplin dengan menganut prinsip kekeluargaan di sekolah itu.

"Semenjak Kepsek sekarang (Tigor -red) ditugaskan di sekolah ini banyak kemajuan yang cukup signifikan. Salah satunya sekolah ini sudah berbasis komputer, juara I sekolah adiwiyata. Motto kerjasama dan sama kerja yang diterapkan beliau membawa perubahan yang positif,” sebut para guru.

Mengenai kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB ) di SMKN 1 Balige dimulai tanggal 20 – 30 Juni 2016 dan sekolah ini bebas rayon.